Manajemen asixku

  • Ini ASIP sewaktu Adit umur 4 bulan :

  • Ini ASIP waktu Adit umur 9,5 bulan ( Hari2 yg makin defisit  :((  )

 

Sebenernya mau nulis tentang manajemen asipku… hehe tapi berhubung mo mompa dulu, bentar lagi bru dilanjutin ye. Sementara upload potonye aje dulu hihihih… asip narsis judulnya.. :p

Lanjutt yah…

Alhamdulillah… sampai dengan detik ini aku masih diberi kesempatan utk kasih asix + mpasi homemade tentunya ke Adit.

Perjuanganku untuk asix yah bisa dibilang susah ya mayan, tpi entah kenapa aku merasa situasi dan kondisi benar2 mendukung.

Terlahir di 29Apr09 melalui operasi SC jam 17.57 wita. Dan jam 8 malem kurleb aku minta adit di rooming in. Waktu itu yg jagain rameee deh. Ada nyokap, mertua, kakak ipar cowo dan suamiku. Entah masih pengaruh bius atau emg kondisiku yg kurang baik krn laper ga makan dri siang, yg ada aku mulai pusing n muntah2. Tapi teuteupp berusaha menyusui adit. Entah keluar atau ngga yg jelas aku pede.com.  Nenenin terus. Adit nangis2 deh ga mo bobo, jdi gantian ditimang2 ama nyokap, suami dan ipar. Aku sendiri masi ga pede utk gendong…hehehe… abis kok bdn adit masih lembek gtu ye?? Takut copot… :p

Sampai di rumah asi masih dikitttt, latch on berantakan, nyokap usil kasi2 sufor klo adit nangis di bawah. Kasi air putih dll. Aku teuteup keukeuh nenenin. Yg penting pede, krn mindsetku Tuhan insyaallah selalu memberikan asi kepada semua ibu2 yg bru melahirkan, cuma kuantitasnya beda2. Akhirnya hari ke 5 asi ku mulai lancar jaya deh. Walopun teteupp lecet2 krn latch on yg ga bener2.

1 bulan setelah lahiran aku putuskan beli Medela BP Mini Electrict. Secara sebelumny beli pompa manual yg 67rbu dan parah, bener2 menguras esmosi. BAyangin aje 1 jam merah cuma dpt 30 ml???!!  Dengan berbekal BP itu 1,5 bulan sebelum masuk kerja mulai deh aku belajar menabung asip. Diawali dengan 60ml/botol UC dan akhirnya aku putuskan utk menabung 100ml/btl UC. Memerah tiap jam 2 / 4 pagi. Kadang jam 3 sore klo mertua lagi dateng. Secara klo ada mertua adit digendong2 terus jdi bobonya lama, nenennya jarang hehehe… bs diperah deh. Aku perah tiap hri 1 btl, kdg males2 juga sih. Kadang kepake juga klo aku ke salon wekekek. Dan wallaaahhhh.. terciptalah +- 30 x 100 ml asip utk persiapan kerja.

Eng ingg engg tibalah hri kerja. Kebetulan aku ada ruangan sendiri jdi bs bebas mompa. Bikin jadwal mompa 2x aja, krn pikiranku 4 jam dpt 200ml, 8 jam kerja dpt 400 ml  kan? Cukup laahh. Dan ternyata.. adit minumnya 7 x 100 ml aja gitu. Panic.com. Bbrp hri kemudian hasil tanya2 ama temen2 milis yg udah kerja duluan dan rata2 memompa 4x per hari di ktr. Y udah aku coba deh mompa per 2 jam di ktr. Masing2 dpt 110ml, 1-2 mgu mulai naik ke 120 ml. Masih kurang banyak dong ya, secara adit minumnya 120 x 5 = 600 ml, sementara di ktr dptnya cuma 380-420 ml aja. Aku putuskan mengalah mompa lagi di rumah, jam 10 malem, jam 1 malem , dan jam 3-4 pagi.  Jadi jadwal mompa bisa 6 – 7x sehari di ktr + rumah. Banyak?? ngga lah. Di milist AFB ada yg 9-12x sehari semalam malah. Salut yah. Dan walopun minus2 dikit yg mana adit mimiknya makin naik jdi 130-140 x 5 btl = 700 an ml ketutupnya ama stok freezer dan perahan sabtu minggu.  Rekorku merah asip itu plg tinggi 960 ml dan 7 x merah, pada saat itu balance adit lagi Growth Spurt habis2an dan sehari jam ktr abis 900 ml an juga. Alhamdulilah dengan jatuh bangun akhirnya lulus asix 6 bulan dengan stok freezer tetep 32 btl x 130 ( jdi nambah ml nya hihihih..ddududud ).

Setelah lulus asix dan dilanjutkan dengan mpasi aku mengurangi frekwensi memerah jdi 5x aja, 1x pagi di rumah jam 7 dan tetap 4x di ktr. Karena semenjak aku M di usia adit 5 bulan prod asip drop banged😦. Kdg sedih tpi ya udah lah. Di freezer masih banyak. Masih bisa merah malem2 juga. Jadi keep smiling n still pumping…hihihi…dudududu

Semoga di produksi asip yg makin drop ini bisa tetap kasih asix sampai minimal lulus 1 thn dan bs sampai 2 thn. Adit ayo kita kerjasama yah.. jangan kerjaannya mencet2 ni**e bunda mulu trs gigit2 pake gusi. Sakit tauk…!!!

8 Responses so far »

  1. 1

    poo_trey said,

    saluuuuuuuuuut.com buat bunda etick..🙂 perjuangan seorang ibu nehh, jadi inget waktu kecil.. pasti maknyak juga begetoh apalagi kalo diliat sekarang putri besar yang doyan makan berarti waktu bayi lebih doyan lagi sama nenen.. hehe..
    kalo udah jadi emak2 kemana2 bawa stok “bensin” pasti repot yah..g boleh makan ini , g boleh ini.. g boleh ituu.. ribet.com plus bobot berat badan nambah juga dunk yah??… tapi gak apa2.. kata orang “BIG is Beautiful” (ngareeep..)

    bund..pernah kebayang ga kalo punya anak nantinya begini…? tentang repotnya.. tentang senengnya…

    menurut perkiraan n terawangan putri nehh… punya anak itu merepotkan…! tapiiii…lebih merepotkan lagi kalo ga punya anak..! hehe,,, bisa hancuuur hati ini cuy…

  2. 2

    @putri : Hahaha..tks yah. Punya anak itu ga berat. Gendongnya yang berat…udah 10kg aja…hahahaha. Semoga lekas nyusul yah🙂

  3. 3

    ummukhonsa said,

    saluuut
    stoknya masi banyak bgd

    🙂

  4. 5

    ummukhonsa said,

    Iyaaah…
    gw tinggal menghitung hari maaak…
    hihihihihihi…

    semangat2!~

  5. 7

    wittyme said,

    wew! Jauh beda banget ama stok ASIP nya Eydro.. (cuma 3 botol hihihi)

    semangat ya makkkk… saluuuut!

    • 8

      3 mah cukup mak..cukup buat besok klo gw…hihih. Gpp lah mak..yg penting msi ngerasain itu yg namanya air susu withri…qiqiqi. Eydro dah GTM belum mak?? Mulai was2 nih adit mulai ngemut kadang2…


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

